Breaking News
Loading...
Saturday, June 7, 2014

Sidak Jajanan, Cegah Makanan Berbahaya Masuk Sekolah

1:51 AM
loading...
OTHERS HOT INFO:
loading...
KLATEN - Tim pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan UPTD Pendidikan bersama Muspika Kecamatan Tulung, Klaten melakukan inspeksi mendadak (sidak) jajanan ke sejumlah sekolah dasar, Selasa (3/6/2014). Upaya itu guna mengantisipasi masuknya bahan berbahaya ke dalam makanan yang dijual di sekolah-sekolah.

Pemeriksaan pertama, tim menyambangi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sudimoro. Kemudian dilanjutkan ke SD Negeri 2 Sedayu dan SD Negeri 1 Majegan. Dari beberapa lokasi itu ada sejumlah penjual jajanan langsung meninggalkan sekolah mengetahui kedatangan tim. Meski begitu, masih ada beberapa pedagang yang masih berada di sekolah.

Tim kemudian memeriksa beberapa makanan sebagai sampel. Jajanan yang diperiksa di antaranya siomai beserta saus, jelly, makanan berwarna ngejreng, serta minuman yang dicurigai mengandung bahan berbahaya. Satu persatu makanan itu kemudian diperiksa menggunakan alat uji khusus. Pemeriksaan guna mengetahui apakah makanan itu mengandung zat pewarna, formalin, dan boraks.

Dari hasil pemeriksaan, petugas tidak menemukan kandungan zat berbahaya dalam makanan. Petugas memastikan makanan yang dijual di tempat itu sehat dan layak dikonsumsi. Tim mengimbau kepada pihak sekolah untuk selalu mengawasi anak didikya terutama saat istirahat yang biasanya jajan di sekolah.

"Hasil tes, makanan yang dijual di sekolah-sekolah aman untuk dikonsumsi. Kegiatan pemeriksaan akan dilanjutkan secara berkala ke sekolah lainnya. Kami mengimbau kepada pihak sekolah untuk menginformasikan jika ada yang sakit perut saat mengkonsumsi jajanan sekolah," ujar Kepala Puskesmas Majegan, Kecamatan Tulung, Wahyu Ciptadi.

Camat Tulung, Rohmad Sugiarto, mengatakan, pemeriksaan terhadap makanan akan terus digencarkan sebagai antisipasi masuknya bahan berbahaya ke dalam makanan yang dijual di sekolah-sekolah. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pedagang yang biasa mangkal di sekolah untuk tetap mengutamakan kesehatan.

"Dengan tidak adanya temuan berarti makanan yang dijajakan di sekolah aman untuk dikonsumsi siswa. Namun begitu kepada pedagang harus tetap menjaga dagangannya dengan mengutamakan kesehatan," ujarnya. (Sumber: KRjogja.com)

This page concern to food sciences, nutrition and additives topics. The information provides thorough and up-to-date information, covering a broad range of topics in the food science and technology. Topics covered include: Food industry, food groups and composition, food chemistry, food processing and preservation, food laws and regulations, food microbiology and fermentation, food safety, food toxicology, food biotechnology, sensory evaluation, and food product development.

OTHERS INFO: A lot of information about Easy Test Kit Product can you read detail at Easy Test Kit Website and a lot of information on the use of formalin (formaldehyde) in food or beverages in Indonesia (including some other hazardous materials) can read details on THIS BLOG.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer